Monday, July 24, 2017

Skill yang Harus Dikembangkan Lulusan Informatika yang Gak Bisa Ngoding.


Assalamualaikum,

Siapa sangka jika dalam 20 tahun terakhir perkembangan teknologi sangat maju seperti sekarang ini. Semua serba online dari toko online sampai ojek online menghiasi kehidupan kita saat ini. Perkembangan teknologi yang sangat maju ini mempengaruhi minat para lulusan SMA untuk mengambil Jurusan Informatika untuk kuliah di perguruan tinggi. Bisa di Bilang jika Informatika saat ini menjadi salah satu jurusan dengan minat paling tinggi di Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri.


Walaupun Jurusan Informatika sekarang menjadi salah satu jurusan favorit tetapi Jurusan ini sulit bagi beberapa orang termasuk para mahasiswa yang menekuninya alasannya adalah ngoding. Ya ngoding ini kegiatan menerjemahkan suatu logika menjadi algoritma menggunakan bahasa pemograman untuk membuat sebuah program atau aplikasi. Ngoding menjadi skill wajib bagi seorang lulusan informatika, tapi tidak semua lulusan informatika sanggup ngoding dengan baik bahkan ada yang tidak bisa sama sekali. Membuat sebuah baris perintah dengan bahasa pemograman membutuhkan passion yang besar karena tidak bisa dipelajari secara singkat. Permasalahan akan terjadi saat para lulusan informatika sibuk mencari kerja. Perusahaan akan menuntut lulusan Informatika harus bisa ngoding menggunakan beberapa jenis bahasa pemograman tentunya akan membuat para lulusan tersebut tidak percaya diri.

Informatika bukan hanya sekedar ngoding, masih banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari sehingga kamu masih pantas dibilang lulusan informatika yang berguna bagi perusahaan. Berikut ini hal yang masih bisa dikuasai tanpa skill ngoding :

Desain Interface

Salah satu kegiatan dalam membuat program atau aplikasi adalah membuat interface (tampilan antarmuka). Mendesain sebuah interface sangat penting bagi pembuatan sebuah aplikasi karena akan berpengaruh terhadap minat pengguna. Para pengguna aplikasi akan cenderung menggunakan aplikasi yang desain interface-nya menarik dan mudah untuk dipahami. Jika kita tidak maksimal dalam mengoding, skill dalam mendesain tampilan antarmuka aplikasi bisa menjadi senjata ampuh seorang lulusan informatika dalam mencari pekerjaan.

Jaringan Komputer

Menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya merupakan salah satu contoh dalam membuat jaringan komputer. Skill ini lebih kepada setting (mengatur) menggunakan aplikasi tertentu. Sebuah aplikasi/program tidak akan berjalan mulus jika tidak ada jaringan komputer. Selain itu dalam disiplin ilmu ini diajarkan bagaimana cara kita integrasi data dan menjaga agar data yang dipakai untuk membuat aplikasi aman. Memang tidak mudah namun dibandingkan ngoding tentu skill ini bisa menjadi jurus ampuh untuk para lulusan informatika.

Membuat Lembar Presentasi dan Dokumentasi

Salah satu skill yang tidak kalah penting dan bisa menjadi poin para lulusan informatika adalah keterampilan dalam membuat Lembar Presentasi dan Dokumentasi. Skill ini sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan karena bagi perusahaan yang mencari keuntungan dengan menjual produk berbau teknologi presentasi dan dokumentasi untuk menarik pihak investor maupun calon pembeli produk. Untuk menguasai skill ini tidak terlalu sulit cukup menguasai perangkat Microsoft Office dengan baik yang tentunya sudah tidak asing bagi mahasiswa.

Hardware

Wajib hukumnya untuk para lulusan informatika untuk setidaknya mengetahui hardware dan bagian-bagiannya. Orang tidak akan mau tau asalkan menyebut lulusan informatika maka akan terbesit bahwa jago bongkar dan memperbaiki komputer. Maka dari itu pada saat kuliah jika kita mengalami kerusakan pada perangkat hardware kita seperti laptop, komputer dekstop dan handphone diusahakan untuk memperbaiki sendiri dulu sebelum pergi ke tukang servis.

Bahasa Asing

Perusahaan akan sangat menghargai jika para lulusan (bukan hanya informatika) menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris. Skill bahasa merupakan penunjang kita dalam melakukan pekerjaan nantinya karena bisa jadi calon client atau bos kita bukan berasal dari Indonesia. Jadi bagi mahasiswa jangan sepelekan kemampuan berbahasa asing.

Sekian semoga membantu... Tks...

0 komentar:

Post a Comment