Thursday, July 13, 2017

3 hal yang wajib diminta jika baru dipecat (Oleh tim Jooble)


3 hal yang wajib diminta jika baru dipecat


Oleh tim Jooble






Waktu dipecat Anda merasa seperti pada titik tersebut hidup Anda berhenti dan tidak ada kelanjutan dan jalan keluar apa pun. Disinilah berhenti rutinitas sehari-hari yang telah Anda anggap biasa saja. Disinilah hidup Anda mulai merubah warna dan tidak lagi berlangsung sesuai dengan jadwal standar. 

Namun, jangan langsung panik. Kehidupan Anda belum berakhir dan masih ada bermacam-macam aktivitas menarik dan penting yang dapat Anda lakukan setelah dipecat dari tempat kerja. Selain itu, Anda punya hak untuk meminta kompensasi tertentu dari perusahaan, supaya bisa merasa aman setelah mengganti kerja. Silahkan simak beberapa contoh di bawah ini:

1. Dokumen dengan data pribadi 

Kalau Anda belum sempat menghapus atau memindahkan file pribadi dari PC Anda di kantor, Anda dapat meminta waktu untuk membuat salinan file-file tersebut. 

Tentu saja, jika alasan pemecatan tidak terlalu baik atau bahkan berupa konflik, sangat mungkin bahwa Anda tidak akan diberi kesempatan untuk mengakses ex-komputer Anda. Tapi coba tanya dulu, yang penting berusaha saja. 

2. Kompensasi 

Pada saat pemecatan jumlah pesangon yang Anda dapat akan tergantung pada tingkat gaji dan waktu menjabat. Contohnya, jika Anda bekerja selama 3 tahun dengan gaji sebesar Rp4 juta, maka kompensasi yang akan Anda dapatkan adalah Rp20 juta (Rp5 juta x 4 bulan).

Selain itu, coba tanya apakah Anda dapat meneruskan program asuransi jika PT Anda bekerja sama dengan penyedia asuransi swasta.

Jika Anda berhenti bekerja karena kehendak sendiri, Anda pasti tidak dapat berharap mendapatkan kompensasi dari pihak perusahaan. Akan tetapi, jangan lupa tanya tentang skema bonus atau opsi saham jika poin-poin tersebut tertulis di dalam kontrak kerja Anda.

3. Surat rekomendasi

Sayang sekali jika setelah beberapa tahun bekerja di suatu perusahaan, Anda tidak dapatkan dokumen yang dapat membantu Anda dalam journey selanjutnya di dunia karir Anda. Maka, sebelum keluar bekerja coba minta surat rekomendasi dulu. Surat tersebut adalah salah satu sarana dengan rekam pencapaian professional Anda untuk diterima ke tempat kerja baru dengan lebih mudah dan gaji yang lebih tinggi. 

Selalu anggap pemecatan dari kerja sebagai tanda perubahan yang akan memberikan Anda jalan dan kesempatan baru. Namun jangan lupa tentang tips-tips di atas ini, supaya tidak terjebak dalam situasi yang tidak terlalu menguntungkan.

0 komentar:

Post a Comment