Tuesday, February 21, 2017

Trip #9 Kuliner #7 : "Sibuk di Ambon"

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih, Ambon (Sumber di sini)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Rasanya udah lama ga nulis blog padahal baru sebulan off.  Akhir-akhir ini rutinitas sudah semakin padat tapi gw usahain buat nyempetin nulis. Kali ini gw akan sedikit cerita  dengan pengalaman gw pergi ke kota Ambon pada awal februari tepatnya pada tanggal 7-8 Februari 2017.

Sebenernya kurang pas untuk pergi ke Ambon pada tanggal segitu karena di Ambon sedang rame banget untuk persiapan untuk kedatangan Pak Presiden RI yang akan merayakan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2017. Gw sebagai pegawai yang mendapat tugas untuk pergi ke Ambon cuma bisa pasrah aja. Untungnya masih ada tiket pesawat yang tersedia untuk pulang-pergi. Salah satu kendala yang gw hadapi adalah tidak tersedianya hotel/penginapan, semua hotel dan penginapan di Ambon sudah habis di pesan sampai perayaan Hari Pers Nasional selesai dilaksanakan. Untung saja beberapa kenalan saya sudah menyediakan tempat walaupun tidak terlalu nyaman.

7 Februari 2017
Setelah persiapan untuk berangkat sudah disiapkan, gw berangkat ke Ambon menggunakan maskapai penerbangan Batik air, ini pertama kali gw pergi ke luar kota menggunakan maskapai Batik. Gw berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma jam 6 pagi, karena jarak dari kosan gw ke Halim lumayan jauh jadi gw berangkat dari kosan sekitar jam 4 subuh. Menurut gw bandara Halim bagus juga dan banyak juga toko yang buka walaupun subuh-subuh. perjalanan dari Jakarta menuju Ambon di tempuh dalam waktu 3 jam lebih dikit. Perjalanan gw ke Ambon rada sedikit membosankan karena pesawat yang gw tumpangi tidak menyediakan fasilitas hiburan (musik dan film) jadi gw dengerin lagu di hp sendiri aja. Di atas pesawat juga lumayan mengerikan karena cuaca di sekitar Sulawesi sampe Ambon banyak angin sehingga bikin adrenalin meningkat dan membuat pucat gw, bisa di bayangkan kalo gw aja yang gede begini bisa lompat dari kursi sampe 3 kali, untungnya pake sabuk pengaman (kalo ini harus). Nah kalo udah begini suasana di pesawat kaya demo 212 kemarin banyak yang nyebut "Allahuakbar!!! Astagfirullah!!" ya termasuk gw juga sama. Disitu gw ngerasa kecil banget nyali gw dan gw sadar sebagai manusia ga boleh sombong.

Akhirnya jam setengah 12 waktu sana gw tiba di Ambon. Setelah sampai bukannya istirahat, gw dan atasan gw langsung kerja (kerjanya ga akan gw kasih tau) sampai akhirnya gw tiba di penginapan pada jam 4 sore. Sebelum sampe ke hotel, gw makan siang di Solaria, ini jauh-jauh makan malah di solaria yang tokonya hampir di seluruh mall di Indonesia ada, ya namanya udah kecapean jadi mau ga mau makan disitu. Udah sampe hotel gw langsung istirahat sampe malam gw ngerasa lapar. Di depan hotel ternyata ada makanan khas makassar, daripada harus jauh-jauh lagi untuk makan akhirnya gw memutuskan untuk makan di situ.

Sop Konro

Setelah selesai makan gw pun kembali ke hotel untuk tidur karena besok pagi sudah harus tempur lagi ke lapangan. Sungguh hari yang sangat sibuk dan melelahkan.

8 Februari 2017

Bangun pagi hari dan bersiap untuk tempur di lapangan. Nah disini gw ga bisa cerita banyak karena hari itu kegitan gw full di lapangan dan begitu kegiatan selesai gw langsung pulang menuju Jakarta. Cuma sebelum pulang gw sempet mampir ke restoran ikan bakar di jalan Anthone Rhebok, seperti kebanyakan restoran ikan bakar di daerah timur selalu menjadi daya tarik buat gw karena ikannya milih sendiri dan masih segar serta harganya yang tergolong murah tidak seperti di Jakarta.

Ikan Bakar di Ambon
Setelah menyantap makan siang gw beserta atasan gw langsung balik ke jakarta. Sama seperti pada saat gw pergi ke Ambon, cuaca di udara saat gw pulang ke Jakarta disertai angin kencang yang membuat jantung berdetak lumayan kencang.

***

Jadi selama gw di Ambon, waktu gw dihabiskan oleh yang namanya bekerja sehingga tidak terlalu bisa mengenal kota yang indah ini seutuhnya. Padahal kota Ambon ini memiliki pemandangan yang bagus dan memiliki tempat wisata yang lumayan banyak. Ambon punya Jembatan Merah Putih yang sering dijadikan tempat berfoto bagi wisatawan lokal maupun asing.

Kemudian ada hal yang menarik selama persiapan perayaan hari Pers Nasional yaitu gw melihat ada mobil di sekitar hotel Swiss-bell Ambon yang diderek petugas karena tempat tersebut adalah tempat nginapnya bapak Presiden RI.

Penderekan Mobil
Jadi penasaran ekspresi orang yang punya mobil  pas dia tau ketika mobilnya sudah tidak ada di tempat dia parkir.ckckck. Sekian pengalaman gw saat mengunjungi dan sibuk saat di kota Ambon. Jujur gw pengen banget ke sini lagi tapi untuk wisata aja, gw kan pengen nyobain papeda sama main di pantainya. Sekian Tks..