Saturday, February 25, 2017

Passion #4 :"Nabung Emas"


Emas Batangan dan Emas Koin
Logam Mulia Emas (Sumber di sini)

Assalamualaikum,

Mumpung hari ini adalah malam minggu dan gw sedang bersantai di kosan, jadi ga ada salahnya gw nulis lagi tentang sesuatu yang baru saja gw coba dalam beberapa hari kemarin. Sesuatu yang gw ingin tulis di sini adalah "nabung emas". Ya emang gw ini suka banget sama nabung ya, tahun lalu aja gw udah pernah nulis tentang menabung berikut hasilnya (Nabung uang receh dan Nabung part II). Semenjak kegiatan menabung yang gw lakukan berbuah hasil walaupun ga keren-keren amat, gw jadi berfikir mau nabung apalagi ya yang modalnya kecil tapi hasilnya lumayan dan memuaskan. 

Akhirnya gw carilah di mbah google dan tanya-tanya temen di kantor. Ada yang nganjurin asuransi, ada juga yang nganjurin deposito bahkan ada yang nganjurin investasi saham. Dari semua itu kaga ada yang gw ngerti, semua penjelasan temen-temen gw satupun asing di telinga ya mungkin karena gw bukan orang ekonomi maupun bisnis jadi ya bingung denger istilah-istilah mereka. Nah sebenernya gw udah pernah liat satu brosur tenntang investasi murah dan mudah cuma kan namanya orang awam ya takut juga. Jadi program itu semacam tabungan emas yang diselenggarakan oleh Pegadaian. Nah yang bikin gw tertarik adalah nabungnya bisa dari Rp.5.000,- kan murah banget. Cuma pertamanya gw kirain sama kaya nabung biasa terus pas mau ngambil saldonya berupa emas jadinya gw ragu karena kalo begitu kan gw repot harus jual emas lagi entah di mana dan penurunan harganya lumayan.

Tapi gw coba beranikan diri bertanya ke pegadaian tentang apa itu tabungan emas biar ga ada penjelasan yang ambigu. Ternyata tabungan emas itu bukan nabung duit tapi yang di tabung emasnya, simpelnya uang yang gw setorkan kepada tabungan emas Pegadaian akan dikonversi menjadi emas tentunya berdasarkan harga jual emas hari itu. Contohnya gw punya uang 500 ribu terus gw setor untuk tabungan emas,  Harga jual emas pada hari itu misalnya 250 ribu/gram jadi pada hari itu di rekening gw nambah emas sebanyak 2 gram. Kalo besok harga emasnya 100 ribu/gram dan kita setor dengan jumlah yang sama yaitu 500 ribu maka pada esok hari kita nambah 5 gram pada rekening tabungan kita.

Nabung Emas dari 5.000 rupiah
Nabung Emas dari 5.000 rupiah (Sumber Pegadaian.co.id)

Buku Tabungan Emas Pegadaian
Buku Tabungan Emas Pegadaian
Menurut gw tabungan emas Pegadaian ini menjadi solusi bagi pegawai pas-pasan kayak gw karena setor minimalnya berkisar 5.000-an atau kalo di konversi sekitar 0,01 gram emas. Untuk pengambilan saldo terdapat dua jenis yaitu bisa mengkonversi saldo emas kita ke dalam rupiah sesuai dengan harga beli emas saat itu minimal penukaran 1 gram emas atau menjadikan saldo emas kita menjadi emas fisik (batangan) yang dikenakan biaya tambahan untuk pencetakan fisik emas.

Karena sudah mendapat penjelasan dari admin di Pegadaian, seperti biasa gw liat lagi tabungan receh gw (koin dan uang 2 ribuan) terkumpul sekitar 300 ribuan lebih dikit karena emang belom lama juga sih ngumpulin uang receh ama dua ribuannya jadi hasilnya belom banyak. terus besoknya gw dateng ke kantor Pegadaian terdekat terus bilang ama satpamnya klo pengen buka tabungan rekening emas. trus di tunjukin kaya konter gitu. Si mas adminnya ngasih formulir gitu ngisinya ga ribet cuma dikit yang diisi soalnya trus mas-nya bilang kalo mau nabung emas mending pas harga emas lagi turun, ya gw tanya gimana gw bisa tau kalo harga emas lagi turun eh dianya malah nyuruh gw download aplikasi "Sahabat Pegadaian". Emang pinter mas adminnya merangkap sales juga ternyata.

Sahabat Pegadaian
Aplikasi Sahabat Pegadaian

Untuk proses pembuatan tabungan emas di Pegadaian nggak ribet dan sangat mudah, prosesnya pun tak memakan waktu lama. Jadi waktu gw itu cuma nyerahin fotocopy KTP (identitas) aja sama isi formulir dan uang yang akan di setorkan (plus uang administrasi dan lain2). prosesnya cuma lima menit lebih dikit ga sampai setengah jam. 

Jadi ya sekarang gw akan sedikit dilatih berhemat dan displin, karena udah punya tabungan emas ini. walaupun tidak seperti investasi saham atau asuransi yang setiap bulannya harus setor tapi namanya punya buku tabungan kalo masih kosong ga ada coretannya kan ga asik. Saran gw nih karena tabungan emas ini sistemnya konversi ke emas dan emang buat investasi jangka panjang jadi fokusin dulu nabung atau jangan di ambil buru-buru dalam waktu dekat walaupun isi saldo emas kita sudah banyak. karena saat kita menjual emas itu kembali harga beli emas di Pegadaian lebih kecil daripada harga jual emas-nya namanya dia juga cari untung. Kalo rencana gw sih selama 5 tahun kalo bisa lebih gw nabung terus tanpa di ambil, kalo sudah punya banyak simpanan dan harga beli emas pada saat nanti cocok dengan kriteria gw ya ga ada salahnya akan gw cairkan. Karena masih awal juga nabungnya jadi masih belom bisa banyak cerita atau komentar. Ya semoga pengalaman gw bisa jadi informasi yang berguna vagi yang saat ini berniat untuk menabung emas atau mau berinvestasi mudah dan murah . Tks.


0 komentar:

Post a Comment