Saturday, April 22, 2017

"Cikoromoy, Destinasi Sejuk dan Murah Meriah"



Cikoromoy, Pandeglang Banten
Cikoromoy, Pandeglang - Banten (Sumber di sini)


Assalamualaikum

Mumpung libur panjang gw akan cerita tentang satu tempat yang biasanya menjadi destinasi liburan keluarga gw. Nama tempatnya adalah Cikoromoy yang terletak di Pandeglang-Banten. Cikoromoy adalah wisata kolam pemandian mata air kampung cikoromoy. 

Sejak gw masih duduk di bangku TK atau sekitar 20 tahun yang lalu, gw dan keluarga sudah mengenal tempat ini dan menjadikan cikoromoy menjadi destinasi liburan di saat weekend atau libur panjang alasannya adalah karena tempatnya yang sejuk dan biaya yang murah. Untuk satu orang dikenakan biaya tiket sebesar 3 ribu rupiah. Kalo Keluarga gw pernah ngerasain waktu harga tiket masih 300 rupiah. Saking seringnya ke Cikoromoy sampe-sampe keluarga gw sudah kenal beberapa orang asli sana yang menyewakan pondok-pondok gazibu buat bersantai dan makan. 


Selain untuk berendam dan bermain air biasanya kolam pemandian juga dipakai untuk memancing ikan. Gw sendiri kalo di sana lebih tertarik untuk tidur bersantai di atas kolam menggunakan ban yang sudah banyak disewakan oleh penduduk lokal untuk para pendatang seperti gw, untuk sewa ban biasanya dikenakan 5 ribu sampe 10 ribu rupiah tergantung besar ban. Selain bersantai di atas ban biasanya gw sibuk untuk mencari ikan kecil atau kecebong di pinggir kolam menggunakan saringan ikan yang dijual di warung-warung atau bisa juga bawa sendiri. 

Mencari Kecebong di Pinggir Kolam

Di dalam kawasan pemandian, terdapat dua kolam mata air besar. Kolam yang satu tidak terlalu dalam dan yang satu kolam dangkal. Dasar kolamnya masih bebatuan alami bukan lantai seperti kolam renang, Jadi bagi yang takut kakinya tertusuk seseuatu disarankan pakai sendal jepit. Air disini sangat jernih terbukti air dari kolam dipakai untuk keperluan sehari-hari oleh warga sekitar untuk mencuci baju, mandi dan mengairi sawah. 

Bagi yang lapar tidak perlu khawatir, di sini banyak menjual ikan bakar/goreng, biasanya ikan yang dijual adalah ikan nila dan ikan mujair. klo gw sih favoritnya ikan bakar mujair terus dimakan pake pete dan sambel tomat hijau. Ada juga nasi bakar jeroan ikan cuma biasanya rebutan jadi cepat habisnya.

Seriring berjalannya waktu sudah banyak perubahan yang terjadi seperti pengelolaan masyarakat sekitar yang lebih rapih bagus, saran dan prasarana seperti tempat parkir yang sudah diakomodasikan dengan baik, toilet dan tempat ganti baju yang sudah layak. Tempat ini biasanya akan ramai pengunjung saat weekend dan liburan sekolah. Pengunjungnya pun bukan hanya dari orang lokal bahkan sudah tidak jarang lagi ditemui mobil dari luar daerah. Bahkan sudah ada kolam renang yang dibuat bersebelahan dengan lokasi pemandian cikoromoy ini tapi gw sih lebih memilih yang alami dibanding yang kolam renang. 

Sekian informasi yang bisa gw ceritakan tentang kolam pemandian umum Cikoromoy yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga maupun bersama teman main, selain tempatnya dingin ternyata ga bikin kantong jebol. Tks,




0 komentar:

Post a Comment