Tuesday, January 10, 2017

Trip #8 kuliner #5 : " Akhir Tahun!! Yogyakarta never dies "

Assalamualaikum, akhirnya setelah menghadapi akhir tahun yang sibuk dan ditambah sakit tipes, gw mulai nulis lagi. Udah lama juga ga nulis santai begini. Alhamdulillah sekarang sudah tahun 2017, mulai lagi lembaran baru. Sekarang gw akan sedikit cerita tentang kesibukan gw saat akhir tahun 2016 kemarin.

Setelah gw mengunjungi Kota Palembang pertengahan Desember 2016 kemarin, gw tertimpa sakit tipes yang sangat membuat gw menderita. Badan menggigil meriang dan nafsu makan pun hilang rasanya lemes banget, sumpah ga enak banget pokoknya. Gw pun harus istirahat total di kosan selama 4 hari yang notabenenya ga ada yang ngurus gw kecuali diri sendiri. Untungnya masa penyembuhan gw terbilang cepat jadi bisa masuk kerja secepat mungkin jadi semua tunggakan kerja gw bisa lunas. Di satu sisi beberapa anggota tim gw pada sibuk dengan kerjaan lapangan sehingga tanggung jawab gw di kantor untuk membuat laporan menjadi lebih banyak. Alhamdulillah, semua tanggung jawab gw bisa dikerjakan dengan lancar.

4 hari sebelum malam pergantian tahun tepatnya hari Rabu 28 Desember 2016, gw disuruh ke Yogyakarta selama 3 hari dari Kamis sampai Sabtu. Rejeki anak soleh di akhir tahun, hahahaha. Hitung-hitung kerja sambil liburan apalagi akhir tahun. Cuma kali ini gw ga akan terlalu memaksakan diri untuk terlalu capek di Yogyakarta karena kondisi badan yang masih belum fit 100%. Lagian kota ini sudah tidak asing lagi bagi gw, mungkin tahun ini (2016) gw sudah 3 kali mengunjungi Yogyakarta untuk keperluan liburan maupun kerja. Temen gw juga lumayan banyak disini jadi ga khawatir juga kalo nyasar-nyasar dikit mah. Terakhir sih sekitar bulan Oktober kemarin gw kesini untuk berlibur bersama temen sekalian ada hajatan dan libur panjang yang sebelumnya udah pernah gw ceritain (Trip dua Jempol

29 Desember 2016
Hari kamis gw masih harus masuk ke kantor untuk mengerjakan laporan harian karena kebetulan juga rekan tim gw masih belum pulang dari tugas luar mereka masing-masing. Jadi gw harus menyelesaikan laporan harian dulu baru bisa meninggalkan kantor. Emang sengaja mesen tiket pesawatnya juga keberangkatan sore. Setelah semua kewajiban di kantor beres, gw berangkat ke kota Yogyakarta melalui bandara Soekarno - Hatta seperti biasanya. Perjalanan dari Jakarta - Yogyakarta menggunakan pesawat memakan waktu 45 menit - 1 Jam. Perjalanan kali ini termasuk lama karena mengalami delay kurang lebih 1 jam trus entah kenapa di pesawatnya bisa 1 jam lebih dikit.

Sesudah mendarat di bandara Adi Sucipto, hal pertama yang ada di otak gw adalah mengisi kekosongan yang terjadi di perut gw alias makan. Malam-malam hujan pula enaknya makan mie godok. Di Yogyakarta banyak banget ya yang menjual mie godok dan kalo menurut gw sih dari yang terkenal sampe yang ga terkenal mirip rasanya, cuma kali ini gw pengen aja yang rada terkenal dikit jadi gw makan di Bakmie Kadin Mbah Karto yang terletak di Jalan Bintaran Kulon No.6 Wirogunan Yogyakarta atau sebelah kantor Kadin di depannya ada Superindo. Supir taxi atau ojek pada tau kok tempat ini jadi ga usah bingung kalo emang mau ke situ. Gw taunya juga dari supir taxi karena rencana awalnya gw maunya ke Bakmi Pak Pele cuma disaranin buat ke Bakmi Kadin karena lebih cepet pelayanannya dan rasanya juga ga kalah.

Bakmi Kadin Yogyakarta
Bakmi Kadin (Sumber di sini)
Gw sudah sampe di Bakmi Kadin tepat jam 9 malam dan sekarang waktunya mesen. Saat mesen gw rada kaget ya karena si mbaknya bilang kalo mesen sekarang gw harus menunggu sekitar 1,5 jam, buset dah udah laper terus dingin pula suruh nunggu juga padahal di situ gerobaknya ada banyak. Saat itu sih gw pikir si mbaknya bohong dan gw ga percaya karena meski mejanya cukup banyak tapi banyak yang kosong dan tidak terlalu rame ya akhirnya gw pesen bakmi godok dan bajigur. Ternyata gw tertipu sama pemikiran gw sendiri dan semua perkataan si mbaknya bener semua. Jadi sebenernya orang yang mesen tuh udah banyak dari tadi cuma mereka kayanya udah tau bakal nunggu lama jadi setelah mesen mereka kayak pergi dulu ntah kemana terus sebelum 1,5 jam mereka udah balik bersama rombongannya dan pesenan pun datang. Gila banget dah jadi ngerasanya kaya gw tuh udah nunggu tapi di selak orang padahal engga karena mereka dah pesen duluan trus ngilang dan datang disaat mienya hampir mateng. Untuk tips aja nih kalo dateng ke tempat rame gini dan udah pengen banget bawa ganjelan apa kek biar ga kelaperan dan pesen minumnya jangan satu karena gw aja pesen minum sampe dua karena terlalu lama nunggu mienya datang.
Mie Godhok Kadin
Mie Godok Kadin
Bajigur
Pesenan gw datengnya jam setengah 11 malam ga kurang dan ga lebih, akurat banget si mbaknya. Ntah dia berguru dimana bisa sampe pas semua omongannya. Karena emang laper banget gw menghabiskan mie godoknya cuma 5 menit. Nunggunya 1,5 jam makannya cuma 5 menit, badan masih laper mau nambah tapi mikir lagi kalo harus nunggu 1 jam lebih dan gw pun mengurungkan niat untuk nambah. Hari itu gw akhiri dengan menginap di kosan salah satu teman kuliah gw yang sudah bekerja di Yogyakarta.

30 Desember 2016
Pagi hari di Yogyakarta hari ini diawali oleh hujan rintik-rintik yang awet dari semalam. Momen seperti ini lumayan jarang gw alami kalo berkunjung ke Yogyakarta, suasananya adem cuaca nya nggak panas jadi kalo untuk jalan-jalan sih menurut gw sangat pas momennya. Rencana hari ini gw akan kerja dulu sampe siang hari (ga akan gw ceritain karena ribet) abis itu lanjut jalan-jalan entah kemana hati ini akan membawanya hahahaha. Cuma mungkin belum rejeki kali ya karena temen yang nampung gw di Yogyakarta hari ini balik ke kota asalnya untuk berlibur di rumahnya sekalian tahun baruan dan temen gw yang satunya lagi sibuk ngurus usahanya di kota yang sama dengan gw jadi hari ini setelah kerja gw harus mencari hotel yang murah untuk nginap 1 malam. Pada musim liburan seperti tahun baru ini Yogyakarta sangat padat oleh manusia ya yang dari luar Yogyakarta pada liburan ke sini jadi untuk nyari hotel rada susah dan harganya kalo sedang momen tahun baru mahal-mahal. Gw sendiri akhirnya nyari hotel yang standar aja yang penting ada AC, kamar mandinya bersih dan letaknya cukup strategis. Alhamdulillah dapet hotel di deket daerah kebon binatang.
Hotel Jogja Graha Wisata Yogyakarta
Hotel Jogja Graha Wisata

Kamar Gw Nginep

Hotel tempat gw nginep sangat tradisional tetapi bersih dan fasilitasnya sesuai dengan standar gw dan harganya pun ga terlalu mahal. Nama hotelnya Jogja Graha Wisata. Jadi kalo nanti ada kesempatan lagi daripada nginep di hotel yang mahal mending nginep sini. Untuk harga menginap per malam berkisar 160 ribu - 300 ribu rupiah. Habis gw kerja gw langsung check-in trus barang gw taruh di kamar dan langsung jalan-jalan. Tujuan pertama gw adalah makan siang dulu di daerah jalan Kaliurang.

Pondok Ikan 2 Putri (Sumber di sini)
Gw makan di Pondok Ikan 2 Putri letaknya di Jl. Kaliurang KM 5.5 Yogyakarta. Tempat ini menyajikan berbagai makanan ada ikan, kerang, cumi, dll. Untuk harga sangat terjangkau dan untuk rasa sih gw bilang lumayan. Range harga disini 10 ribu sampai 40 ribuan.

Pinggir Sawah
Di Depan Warung Kopi Klotok
Setelah ngeganjel perut tujuan berikutnya adalah Warung Kopi Klotok yang terletak di Jalan Kaliurang KM 16. Tempatnya masih masuk gang yang ada pesawahan kurang lebih 200 meter. Tadinya rencana cuma ngopi sambil makan pisang goreng tapi karena tempatnya rame banget jadinya gw cuma foto-foto aja di lingkungan warungnya. Konsepnya sangat menarik karena temanya makanan di pedesaan dengan pemandangan pedesaan, dari sini kita bisa melihat gunung merapi juga. Makanan yang disajikan seperti sayur lodeh dan telor dadar ada juga pisang goreng dan kopi klotoknya sendiri menjadi daya tarik sendiri. Tempatnya juga bisa dibilang sangat kental dengan rumah kampung yang masih beralaskan tanah di tengah sawah di lengkapi dengan beberapa peralatan kuno seperti radio kuno dan lain-lain.

Jadah Tempe Kaliurang
Jadah Tempe Khas Kaliurang
Sesudah foto di sekitar Warung Kopi Klotok, gw melanjutkan perjalanan gw sampai ke Kaliurang. Di sana gw lagi-lagi jajan khas daerah Kaliurang yaitu Jadah Tempe. Jajanan ini menurut gw sama kaya ketan uli kalo di Banten yang beda adalah bentuknya kalo di Banten bentuknya kotak kalo jadah bentuknya bulet dan lauknya jadah ini pake tempe bacem atau tahu bacem. Harganya 1 paket jadah tempe (udah sama lauk) sekitar 13 ribu.

KALIMILK

Susu di Kalimilk Yogyakarta
Susu Hazelnut dan Susu Anggur
Sore harinya setelah kenyang mencicipi jadah tempe khas kaliurang, gw berencana untuk langsung balik ke Yogyakarta. Suasana yang sejuk membuat ngantuk di jalanan pulang dan gw pun memutuskan untuk sekedar minum di Kalimilk yang terletak di Jalan Kaliurang KM. 4.9. Gw pesen susu rasa hazelnut dan beberapa cemilan untuk menemani minum susu. Orang Jogja menyebut tempat ini dengan sebutan NENENers, rada gimana gitu kalo di denger hahaha. Setelah gw minum dan menurut apa yang gw rasa ada yang beda dengan susunya. Kalo gw bandingkan dengan pengalaman gw saat minum susu murni di Bandung saat gw kuliah dulu susu di Kalimilk ini lebih mudah di telan dan rasanya lebih ringan untuk diterima di lidah tapi soal harga teteplah susu murni di bandung lebih murah jadi punya masing-masing keunggulan. Untuk harga di kalimilk ini rangenya antara 10 ribu sampai 40 ribuan. Tempatnya Kalimilk ini juga boleh di bilang  kece dan nyaman juga ya pantes banyak yang nongkrong di sini terutama anak muda.

Udah kenyang sama susu, akhirnya gw pun nyerah untuk melanjutkan perjalanan yang rencananya gw akan ke Imogiri. Sebelum balik ke hotel  gw menyempatkan pergi ke toko oleh-oleh langganan gw dari dulu yaitu Bakpia Patuk 75 yang terletak di Jalan KS Tubun No 83. Sudah banyak gw nyobain bermacam-macam jenis bakpia dari berbagai toko cuma gw lebih cocok sama Bakpia 75 ini karena kulitnya renyah dan rasanya ga lebay dan manisnya pas. Rasa yang paling gw suka adalah kacang hijau dan keju. Dikarenakan gw akan balik ke Serang setelah dari Yogyakarta untuk sekalian libur tahun baruan jadi belinya rada banyak. Setelah itu gw lanjut balik ke hotel menjelang Maghrib.

Nasi Kucing Versi Buas
Versi Buas

Wedang Jahe
Gw pun be mencoba untuk berdiam diri saja sambil main hp dan nonton tv tetapi namanya orang gendut kaya gw pasti cepat lapar alhasil gw pun habis isya mencari sesuatu buat gw lahap. Lagi-lagi rejeki anak soleh ternyata di sebelah hotel ada warung nasi kucing tapi uniknya nasinya ambil sendiri lauknya aja kaya nasi kucing macam sate-satean trus ada gorengan juga dan ada berbagai macam minuman khas gerobak nasi kucing. Gw kaget pas bayar setelah makan dengan berbagai lauk yang gw ambil di tambah wedang jahe cuma abis 15 ribu. Alhamdulillah hari pun berlalu dengan pengalaman yang sangat banyak dan menyenangkan.

31 Desember 2016
Hari ini adalah hari di penghujung tahun 2016, sudah saatnya gw balik ke Serang untuk bertemu keluarga. Gw bangun sekitar jam 8 pagi, lalu seperti biasa gw packing dan menunggu waktu sampe jam 10 untuk pergi ke bandara. Pagi-paginya mama gw nelpon klo di rumah banyak makanan yang sudah di masak jadi gw dari pagi sengaja tuh ga makan dari Yogyakarta. Pas udah jam 10 gw langsung cabut ke bandara. Pas di bandara lagi nunggu boarding gw liat ada Toko Cokelat Monggo. Dulu gw sempet makan cokelat ini karena di bawain ama rekan kerja dan rasanya enak menurut gw dan baru kali ini gw sempet ngeliat langsung ada tokonya. Keluarga gw pun rata-rata doyan ama cokelat jadinya walaupun di bandara ya mau ga mau beli daripada penasaran. Cokelat Monggo bungkusannya sangat trasdisional tapi rasanya ga kalah deh.

Cokelat Monggo Yogyakarta
Cokelat Monggo
Alhamdulillah jam 4 sore gw dah sampe rumah di Serang. Rasa lapar langsung terobati dengan masakan buatan mama hahaha. Setelah Sholat Isya badan ini pun langsung merebahkan diri di kasur karena kecapean setelah bepergian jauh.

Ya sekian sedikit pengalaman gw di penghujung tahun 2016. Selamat datang 2017, semoga dengan tahun yang baru hidup gw jadi makin berkah kedepannya dan lebih bewarna.