Tuesday, November 22, 2016

Trip #4 : "Pertama Kali Naik Pesawat"



Gw akan cerita tentang pengalaman gw yang terbilang sangat berkesan, Why?? karena menurut gw kejadian pada hari itu baru pertama gw rasain tentunya seneng banget dan ada banyak kejadian yang bisa dibilang sangat memalukan jadi ga mungkin bisa dilupain seumur hidup gw.

Sekitar 2 tahun lalu bulan Maret 2014, gw mendapat tugas luar pertama dari kantor gw, jujur gw kaget banget karena baru bekerja sekitar 3 hari langsung disuruh tugas luar. Perasaan campur aduk yang jelas seneng banget. Gw ditugaskan untuk melakukan pendampingan atasan ke kota Palembang. Atasan gw ngasih taunya  jam 11 malam klo gw besok disuruh bawa baju lebih, ya kan gw namanya juga kacung kampret nurut aja apalagi baru juga belum seminggu kerja. Nah pas paginya gw baru dikasih tau klo hari itu gw mendapat tugas untuk mendampingi atasan gw ke Palembang. 

Setelah itu atasan gw minta tolong (nyuruh) untuk menghadap ke bagian administrasi untuk mengurus persiapan keberangkatan. Terkejut bukan main setelah gw tau klo ke Palembang ternyata naik pesawat, dikira gw naik mobil gitu lewat jalur darat. Sebelumnya gw belum pernah naik pesawat seumur hidup gw, klo misal pergi kemana-mana ya naik transportasi darat dan transportasi laut klo pergi ke daerah yang beda pulau. Seneng di hati gw bertambah, udah dapat tugas ke daerah yang baru pertama kali gw kunjungi eh naik pesawat pertama kali pula. Langsung tanpa disuruh gw langsung nelpon orangtua untuk memberi kabar klo gw akan melakukan tugas luar kota ke palembang dengan harapan doa dan restu orangtua menyertai gw sampai gw selesai menjalani perjalanan gw. Jangankan gw, orang tua gw juga seneng, kaget dan khawatir bercampur panik. Gw pikir nih ortu gw panik banget sih kan jadinya yang mulanya seneng jadi takut juga. Kata Mama gw "Mas, hati-hati kalo naik pesawat trus klo dah sampe sana harus secepetnya ngabarin." Gw sempet mikir emang seserem itu kah?hahaha...

Nah sudah saatnya gw dan atasan gw berangkat ke bandara Soekarno-Hatta setelah sholat Jumat, untuk menuju Bandara Soekarno - Hatta bisa menggunakan banyak pilihan seperti Damri, taxi online(Grabcar dan Uber) dan taxi biasa (pilihan terakhir karena argonya lumayan bisa 2 kali damri bahkan 3 kali dari Damri). Kebetulan atasan gw bawa mobil pribadi jadi ya naik itu aja kalo biasanya sih enak Damri karena ga harus ribet mau parkir dimana dan turunnya sudah di terminal keberangkatan setiap maskapai (bisa liat di belakang tiket Damri). Kurang Lebih 1 jam akhirnya kami sampai di Bandara Soetta, kesan gw sangat megah dan kagum ya, akhirnya bisa merasakan juga namanya bandara. Sesampainya di Bandara, kita ternyata berangkat bersama orang dari kantor tapi divisi lain. Sebenernya udah ga sabar sih mau sampai di Palembang, udah ga sabar untuk makan mpek-mpek hahaha... katanya sih mpek-mpek disana enak banget dan ternyata emang enak banget.

Sudah saatnya untuk check-in, udah nuker tiket kita langsung menuju tempat boarding. Sebelum ke tempat boarding kita harus melewati dua kali pemeriksaan yang menggunakan metal detector dan scanning. Gw pikir ribet banget ya sampai dua kali tapi ya namanya prosedur. Kesialan gw terjadi juga karena handphone gw ketinggalan di keranjang di tempat pemeriksaan pertama sedangkan waktu naik pesawat sudah bentar lagi, panik lah sebagai orang awam dan gw langsung lari ke tempat pemeriksaan pertama. Saran gw sih kalo bepergian menggunakan pesawat sebaiknya bawa tas kecil untuk taroh  handphone, Jam tangan, dompet dan Ikat pinggang karena semua barang-barang yang tadi gw sebutin harus dilepas saat pemeriksaan khusus dompet jangan taroh di celana karena untuk pemeriksaan dan check-in harus pake tanda pengenal kan biasanya taroh dompet tuh makanya kalo di taroh di tas kecil lebih flexibel dan lebih aman.

Gara-gara tadi lari untuk ngambil handphone yang ketinggalan, keringetan dah gw, ga enak juga ama atasan. Saa yang ditunggupun tiba akhirnya saya masuk pesawat. Perasaan saya seneng bercampur takut setelah pesawat bergerak menuju lapangan pacu untuk lepas landas. Atasan gw pun nanya"Kok kamu keringetan? Ga enak badan? " dan gw cuma jawab " Grogi Pak hehehe..." busyet gatau apa gw takut tegang. Pas pesawat lepas landas gw langsung merem karena tekanannya kerasa banget dan langsung pusing mual. Pesawat sudah mengudara dan keadaan gw sudah stabil sedikit. Posisi duduk gw deket jendela tapi ga berani liat ke luar dampe gw tutup jendelanya. Saat posisi pesawat sudah stabil, atasan gw nanya lagi dan kayaknya dia udah nyadar kalo gw baru pertama naik pesawat " Kamu udah pernah ke Palembang? Tadi kenapa merem pas lepas landas??" ya gw jelasin aja kalo gw baru pertama kali untuk kedua hal yang dia tanyakan dan setelah itu yang terjadi adalah gw di ketawain dan di ledek. Wtf apa-apan coba udah mual gini juga dan masih berusaha untuk di tahan.

Pramugari sudah saatnya membagikan snack dan minuman, tertolong sudah gw, gw pikir sih karena perut kosong makanya bisa pusing dan mual. Sampe nambah teh manis 2 kali biar ngilangin mualnya. Sambil makan gw liatin pramugari yang cantik-cantik (sumpah itu juga menolong bung hahaha). Perjalanan Jakarta-Palembang sekitar 1 jam 20 menit. Atasan gw berusaha untuk nakutin gw lagi dan dia bilang kalo saat pesawat turun lebih seram daripada lepas landas, ya gw sih ga akan percaya karena dia udah ngeledek gw tadi. Emang ternyata bener gw yang tadinya udah baikan pas turun, semua makanan yang tadi sudah masuk ke perut seakan mau keluar. dan sesampainya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin gw langsung ijin ke atasan gw buat ke toilet dan kesialan gw bertambah saat muntah hahaha. aduh malu gw kok bisa ya sampe muntah begini. Begitu udah lega gw gabung kembali ke atasan gw dan dia nanya ngeledek" Muntah ya??? udah ngaku aja??" dan gw dengan sangat polos dan lugu mengiyakan semua ledekan itu. What an amazing experience?? it's make me so sick to remember that.

Sekian pengalaman gw naik pesawat pertama kali. Untuk yang bernasib seperti gw jangan lupa makan satu jam sebelum naik, bawa obat anti mabok dan makan permen rasa jeruk, bawa juga minyak kayu putih. Semoga kalian lebih baik dari gw hahahah. Tks....

0 komentar:

Post a Comment