Tuesday, June 13, 2017

"Makan yang anget-anget di Wonosobo"

Mie Ongklok Lengkap

Assalamualaikum...

Alhamdulillah gw masih diberi kekuatan dalam menjalani ibadah puasa yang telah memasuki hari ke 18. Sepertinya memang puasa kali ini tidak mengurangi berat badan gw, andaikan berkurang pun kayaknya ga bakalan keliatan. Ya emang kebiasaan gw klo buka suka makan yang banyak seperti minggu kemarin saat gw bersama tim dari kantor gw bertugas di Wonosobo. Wonosobo ini merupakan kota yang berada di dataran tinggi, jadi memang kotanya sejuk pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Di Wonosobo ini terdapat makanan khas yang sangat enak, unik, murah dan mudah untuk ditemukan yaitu "Mie Ongklok".  Mie ongklok ini sangat cocok untuk tempat yang dingin seperti wonosobo ini.
Mie Ongklok & Sate Bu Umi
Mie Ongklok & Sate Bu Umi
Mie Ongklok & Sate Bu Umi
Tempatnya bersih dan nyaman
Seperti yang gw bilang barusan, mie ongklok ini sangat mudah untuk ditemukan di Wonosobo. Hampir di setiap jalan yang gw lewati ada yang menjual kuliner ini atau kalo yang bingung cari aja di sekitar alun-alun Wonosobo. Nah pas kemarin gw di Wonosobo gw sempat makan mie ongklok di warung "Mie Ongklok & Sate Sapi Bu Umi" yang terletak di Jalan Masjid No.11 Kauman Utara Wonosobo. Selain menjual mie ongklok warung Bu Umi ini juga menjual sate sapi yang merupakan kuliner yang wajib di coba juga kalo kita sedang pergi di Wonosobo.
Mie Ongklok khas Wonosobo
Mie Ongklok khas Wonosobo (Rp 8.000)
Mie Ongklok khas Wonosobo
Sate Sapi (Rp 22.000)
Mie Ongklok khas Wonosobo
Tempe Kemul (Rp 750)
Sambel Rawit
Sambel Rawit (gratis)
Mie ongklok ini merupakan makanan yang sederhana dan tidak ribet. Cara buatnya hanya mencelup-celupkan mie dan sayuran (kubis/kol dan kucai) ke dalam air mendidih sambil di ongklok (digoyang keatas dan ke bawah). Setelah itu lalu disiram kuah kentel ditambah bumbu kacang kali ya udah cuma segitu, simpel kan. Paling enak pas makan mie ongklok di temani sama sate sapinya yang dijual juga di warung. Ada yang unik dari penyajian sambel untuk campuran mienya, jika biasanya sambelnya itu berupa sambel cair kalo di sini sambelnya hanya rawit hijau (cengek) di ulek dan sudah pasti rasanya pedes banget jadi jangan terlalu banyak. Jangan lupa juga untuk makan tempe kemul yang disediakan di meja-meja. Tempe kemul itu tempe yang diselimutin sama adonan tepung yang lebar dan renyah, pokoknya kalo sudah dicampur tuh mie ongklok, sate sapi dan tempe kemul terus di makan pas buka puasa ditambah minum teh manis anget bisa tidur nyenyak deh malemnya. Gw aja abis dua porsi mie ongklok + sate sapi + 4 tempe kemul, sadisss. Untuk harga dijamin murah deh, seporsi mie ongklok hanya Rp 8.000 ,sepuluh tusuk sate sapi Rp 22.000 dan tempe kemul cuma Rp 750 . Abis makan gw langsung kembali ke Hotel.


Wedang Ronde RRT
Wedang Ronde RRT
Nah setelah sampe di hotel gw lupa membeli minuman untuk persediaan selama di hotel, trus gw cari di toko/minimarket sekitar hotel. Pas dalam perjalanan ke minimarket gw ada nemu toko yang menjual wedang ronde, oleh-oleh dan roti2 gitu namanya "Badam Ronde". Yang bikin penasaran itu karena tempatnya lumayan rame, ada yang nongkrong, ada yang beli oleh-oleh ada yang pesen royi pokoknya rame. Penasaran dong gw akhirnya masuk terus pesen wedang RRT. Kata "RRT" ini gw masih belum tau artinya apaan sampe sekarang masih menjadi misteri, yang gw tau cuma wedangnya itu pake kacang mete dan emping. Lo bayangin minum wedang ronde pake emping, tapi ya namanya gw penasaran gw cobain dong. Anehnya cocok-cocok aja, entah karena lidah gw yang hampir cocok ke semua makanan atau emang cocok beneran. pokoknya sih wedang disini juga harus di coba. Satu porsinya dihargai Rp 12.000 . Udah murah dapet lengkap lagi kan.

Pokoknya perjalanan gw di Wonosobo ini sangat memuaskan apalagi ditemani oleh kuliner yang anget-anget. Jangan lupa bagi kalian yang sengaja maupun tidak sengaja mengunjungi kota Wonosobo untuk mencoba kuliner disana seperti Mie ongklok, Sate Sapi, Tempe Kemul dan Wedang Jahe. Menurut gw semua makanan yang gw sebutin tadi memang cocok untuk menu berbuka puasa, apalagi kan sekarang masih pada puasa. Silahkan mencoba!!

Tks..



0 komentar:

Post a Comment