Saturday, May 6, 2017

Kuliner # 11 : "Memuaskan Perut dengan Kuliner khas Lombok"

Assalamualaikum

Sebelumnya gw sudah membuat artikel tentang Tanjung Aan dan Batu Payung yang menceritakan tentang perjalanan gw di Lombok yang sangat singkat tapi sangat memuaskan karena setidaknya sudah dapat pemandangan yang bagus. Sekarang gw akan membahas tentang kuliner yang kemarin sudah sempet gw makan pas gw sedang berada di lombok tentunya kuliner ini memang berasal dari Lombok.


1. Rumah Makan Taliwang (Daerah Cakranegara Dekat Pasar)
Rumah Makan Taliwang
Rumah Makan Taliwang
Mungkin semua sudah mengetahui bahwa terdapat beberapa kuliner yang sangat terkenal berasal dari Pulau Lombok yaitu Ayam Taliwang. Jadi karena gw hanya pernah mendengar namanya tanpa pernah mencicipi akhirnya kemarin gw memutuskan untuk makan ayam taliwang di Lombok. Sampai lah gw di sebuah kedai makanan yang bernama "Taliwang" yang terletak di dekat pasar daerah Cakranegara.

Sate Sumsum
Sate Sumsum
Plecing kangkung
Plecing Kangkung
Tidak perlu menunggu lama pelayanannya yang begitu cepatnya memanjakan pelanggan yang begitu ramai mengunjungi kedai tersebut. Di atas meja sudah tersaji Nasi Campur, Plecing kangkung, Beberuk Terong dan Sate Sumsum. Semua sajian tersebut menurut gw sudah lengkap banget ya karena di nasi campurnya sendiri sudah ada nasi, abon, serundeng, sayur nangka daging dan ayam goreng. Jadi bisa dibayangkan porsinya sebanyak apa dan rasa kenyang yang akan didapat kalo kita sanggup menghabisnkan semuanya. Ada satu menu yang membuat saya sangat tertarik untuk mencoba dan menurut saya rasanya juga sangat unik yaitu Sate Sumsum. Sekilas sate sumsum ini terlihat sangat pedas bumbunya tetapi pas sudah masuk mulut yang ada rasa gurih dan manis. Kayaknya tahun ini bakal ketemu terus dengan kuliner yang ada sumsumnya.seperti nasi sumsum dan Kaledo.

Nasi Campur
Nasi Campur
Puas dong gw udah makan kuliner khas Lombok, cuma kok gw ga yakin klo itu ayam goreng di nasi campur adalah ayam taliwang. Gw tanya dong ke Bapak Supirnya ternyata emang bukan ayam taliwang. jadi kata bapaknya "Taliwang" ini merupakan nama desa/daerah si Sumbawa Barat, dikira taliwang itu nama proses memasak atau nama bumbunya. Jadi ayam taliwang yang asli itu adalah ayam bakar madu dan sialnya gw ngga nyobain karena main makan aja yang nasi campur. Apa Boleh buat akhirnya gw sih tetep melanjutkan perjalanan gw.

2. Menega Lombok ( Daerah Senggigi Lombok)

Menega Lombok
Menega Lombok
Pas hari kedua gw kan emang pengen banget ke daerah Senggigi cuma pas dateng sudah kemaleman dan ga sempet untuk melihat matahari terbenam di salah satu pantai Senggigi. Seperti yang gw sudah ceritakan sebelumnya gw belum pernah ke daerah ini sebelumnya dan banyak orang bilang senggigi ini sangat mirip dengan Kuta di Bali, emang bikin penasaran juga nih bali tapi kalo pendapat orang-orang itu  mengenai Senggigi artinya gw dapat merasakan sedikit suasana Kuta Bali di saat yang bersamaan (jadi gausah ke Bali). Di senggigi ada rumah makan pinggir pantai yang bisa dibilang sangat ramai yaitu Menega Lombok. Rumah makan ini menyajikan menu seafood dengan suasana yang sangat romantis pinggir pantai. Tapi jika ingin formal juga disediakan meja yang di teras lantai.

Suasana Makan di Menega
Suasana Makan di Menega

Menu Paket Lengkap Menega
Menu Paket Lengkap Menega
Menu yang gw pesan adalah menu paket perorangan, pada menu tersebut terdiri dari seafood lengkap (Ikan, cumi, kerang dan udang) yang di bakar dengan bumbu dan tidak lupa selalu ada plecing kangkung. Kalo tidak salah harganya berkisar 120 - 130 ribu/paket. Memang agak mahal cuma dengan suasana pinggir pantai dan menu yang lengkap rasanya sepadan jika menghabiskan biaya sedikit mahal.

 Ada kejadian yang membuat gw ketawa sendiri, jadi kan di rumah makan ada warga lokal yang menawarkan barang khas lombok seperti tas, topi dan kaos lekbong kepada bule yang habis makan. Si bule ini mau beli baju lekbong, pas ditanya si penjual bilang harganya 400 ribu dan si bule tanpa nawar langsung ambil dan bayar. Kaget dong gw cuma ya namanya orang cari rejeki jangan kita halangi. Akhirnya gw dan temen diem aja sambil nahan rasa penasaran. Temen gw coba pas habis makan liat-liat di tempat si bule tadi beli. Padahal temen gw ga megang cuma liat dan diam tanpa komentar ditawarin dong barang yang sama dan gw senyum aja tanpa megang, eh si abangnya bilang " udah saya kasih murah aja.. kan kalo tadi bule beli 400 ribu kalo sama situ saya kasih 200 ribu aja". Buset dah gw juga mikir kali kalo beli baju lekbong doang harus ngeluarin duit segitu mah. Jadi saran aja buat yang akan pergi ke tempat wisata yang ada wisatawan asingnya mending langsung beli souvenir atau oleh-oleh di tempat khusus oleh-oleh yang besar dan sudah punya nama.

3. Furama (Daerah Senggigi)


Furama Lombok
Furama Lombok
Seperti halnya Menega, Furama juga merupakan salah satu tempat makan di Senggigi yang menyediakan tempat pinggir pantai. Gw pergi kesini pas hari ketiga dan kondisinya pada saat itu adalah hujan lebat jadi sama sekali gak bisa lihat keindahan pantai Senggigi apalagi menikmati sunsetnya.

Paket Lengkap Furama
Paket Lengkap Furama (sumber: Tripadvisor.com)
Menu yang gw pesan kurang lebih mirip dengan menu yang gw pesen di Menega. Paket lengkap dengan harga yang kurang lebih mirip cuma kayaknya untuk porsi lebih besar di Furama walaupun tidak seramai di Menega. Setiap gw makan selalu ada plecing kangkungnya. Jangan-jangan sebenernya makanan yang paling khas di Lombok adalah plecing kangkung.    

***

Ya sekian pengalaman gw berburu tempat kuliner yang tentunya memuaskan perut di Lombok. Tks


0 komentar:

Post a Comment