Friday, December 16, 2016

Trip #7 Kuliner #4 : "Warna - Warni Kota Palembang"

Jembatan Ampera Palembang
Jembatan Ampera

Assalamualaikum..wr..wb

Alhamdulillah gw bisa berkunjung lagi ke Kota Palembang yang merupakan surganya mpek-mpek. Awal minggu ini tepatnya tanggal 12 Desember 2016, gw mengunjungi Kota Palembang karena ada tugas dadakan lagi seperti yang sudah-sudah sebelumnya. Mungkin sampe saat ini sudah 4-5 kali (termasuk Senin lalu)  gw pernah mengunjungi Kota Palembang, cuma kesempatan yang terakhir ini yang paling punya kesan positif bagi gw dibanding perjalanan gw sebelumnya.

Kota Palembang memang punya tempat tersendiri di hati gw, Why?? Dulu gw pernah cerita tentang pengalaman gw naik pesawat pertama kali, jadi Palembang ini merupakan kota pertama di luar Pulau jawa yang gw kunjungi selama 25 tahun terakhir gw hidup. Selain itu Palembang juga mempunyai macam-macam kuliner yang luar biasa enak dan yang tidak kalah penting adalah "Jembatan Ampera dan Sungai Musi" yang semua orang anggap sebagai Ikon Kota Palembang ternyata sangat mengagumkan terlebih pada malam hari. Suasana Kota Palembang sebenernya sudah sangat mirip dengan Jakarta, panas terik dan lalu lintas yang padat sudah tidak asing lagi bagi Palembang.

Langsung ke perjalanan gw, jadi pas senin kemarin gw berangkat dari Bandara Soekarno - Hatta jam 5 pagi yang merupakan penerbangan pertama ke Palembang. Hampir ketinggalan pesawat karena bangun telat maklum suasana libur Maulid Nabi hahaha, untung tukang taksinya ngebut jadi dari Gambir ke Bandara cuma 20 menit perjalanan doang. Sampai bandara gw langsung check-in dan langsung ke tempat boarding. perjalanan ke palembang dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 50 menit. Oh iya.. Palembang juga memiliki Bandara yang keren juga loh yaitu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mpek-Mpek Pak Raden
Pak Raden

Sesampainya di Kota Palembang, gw tidak buang waktu untuk sarapan, kali ini gw sarapan makanan yang dari dulu belom pernah cobain saat gw mengunjungi Palembang, namanya adalah MIE CELOR. Ya sebenernya kalo di Jawa ada yang mirip sama kuliner yang ini, klo di Jawa namanya mie godhok. Bedanya kalo mie celor ada telor buletnya di bagi dua. ya kalo yang lain gw kurang tau karena setiap toko atau tempat yang menjual mie celor kemungkinan berbeda cara penyajiannya. Gw kemarin nyobanya yang di Pak Raden Radial. Pagi-pagi aja di situ udah rame pengunjung yang sengaja sarapan bersama keluarga dan ada juga yang di bawa pulang/oleh-oleh. Supir yang membawa rombongan saya menyarankan untuk mengunjungi 26 ilir katanya disitu ada rumah makan H.M Syafei yang terkenal mie celornya. Insyaalahh kalo ada kesempatan ke Palembang lagi gw usahain ke situ.

Mie Celor khas Palembang
Mie Celor
Kue Maksuba Palembang
Maksuba
Selain mie celor gw juga makan kuliner yang sudah mendunia dan mengenalkan Kota Palembang yaitu mpek-mpek. Kalo mpek-mpek sih ga usah ditanya kayanya hampir semua mpek-mpek yang pernah di coba di Palembang enak semua, apalagi yang 26 ilir yang dulu gw pernah cobain harganya murah rasanya enak juga dan ga pusing nentuin tempat kalo disana karena jumlah pedagang mpek-mpek sangat banyak. Kalo ada yang mau bawa mpek-mpek tapi males bawanya, hampir semua toko disini bisa kirim deh. Gw sendiri ngirim ke Serang buat keluarga gw lewat kirim dari toko. Trus gw juga nyobain maksuba yang sangat mirip dengan kue lapis tapi dari segi rasa sangat berbeda, kue ini telornya sangat berasa kalo kata penjual sih dalam satu loyangnya bisa menghabiskan 30 telor, mantap abisss!!!

Setelah sarapan gw dan rombongan melakukan tugas dulu sampai sore hari. Kalo tugas gw dari kantor ga mau dan akan gw ceritain karena rahasia perusahaan hahahaha. Sore hari gw dan rombongan juga sempet makan di rumah makan Sri Melayu, rumah makan ini menyajikan kuliner khas Kota Palembang. Menu yang paling gw suka adalah Pindang Patin dan Pentol.

Pentol Ikan khas Palembang
Pentol Ikan ( Sumber di sini)

Pindang Ikan Patin Palembang
Pindang Patin ( Sumber di sini)

Perut kenyang setelah menyantap masakan khas Kota Palembang, malam hari gw dan rombongan menuju hotel untuk mandi dan beristirahat hingga malam hari. Nah saat yang dinantikan pun tiba dimana gw akan mengunjungi ikon Kota Palembang "Jembatan Ampera". Sebenernya bukan mengunjungi tapi lebih tepatnya mengambil foto di tempat lain dengan background Jembatan Ampera. Ada banyak tempat di pinggiran Sungai Musi yang sangat bagus jika mengambil foto dengan latar Jembatan Ampera ada restaurant terapung River Side, Resto Kampung Kapitan dan J-co yang di seberang Benteng Kuto Besak.

Gw sendiri lebih memilih di J-co yang di seberang Benteng Kuto Besak alasannya karena tidak mengeluarkan biaya alias gratis dan rame juga sih banyak jajanan klo disitu sedangkan klo di River Side atau Kampung Kapitan kita harus makan disitu (ga enak klo cuma numpang foto hahaha) dan dulu sih pernah makan juga di dua tempat itu, lumayan juga sih biayanya.
Pemandangannya warna-warni kalo malem hari banyak lampunya. Banyak juga loh yang foto bukan gw sendiri. Setelah berfoto-foto gw dan rombongan nyicipin kapal selam aja di pinggir jalan karena masih kenyang juga kondisinya. Sehabis makan gw pulang ke hotel untuk tidur. Keesokan paginya gw sarapan di hotel dan siap-siap pulang ke Jakarta.
Di Bandara sambil menunggu pesawat, gw makan yang namanya celimpungan. Ini makanan kaya Baso Ikan kuahnya opor sambil ngemil mpek-mpek di Beringin. Pokoknya enak semua kalo udah masuk perut mah.

Celimpungan khas Palembang
Celimpungan

Mpek-Mpek Buat Ngemil
Berakhirlah petualangan singkat gw di Palembang, lumayan juga satu hari buat menjelajahi kota Palembang. Kalo ada kesempatan lain gw pengennya ke Pulau Kemaro, belom pernah ke sini dan menurut temen-temen gw sih bagus. Oke, begitulah jalan-jalan gw selama 1 hari di Kota Palembang yang mengesankan buat gw, walaupun singkat namun bermakna. Tks...